Senin, 15 Agustus 2011

Resep “sukses” Berdagang dari Ranah Minang

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Orang Minang selalu identik dengan profesi pedagang., Kita akan menemukannya hampir di seluruh penjuru nusantara. Selain berjualan masakan padang yang terkenal kelezatannya, orang minang juga aktif berjualan pakaian dan berbagai perabot rumah tangga di toko-toko hingga bazar-bazar yang diadakan setiap malam atau setiap akhir pekan.
Saya sempat terheran-heran dengan “fenomena” ini, sewaktu saya mengunjungi bazar akhir pekan di kotaku. Di sepanjang jalan di area bazar tersebut, banyak kujumpai orang-orang berlogat khas minang menawarkan dagangannya.
“Fenomena” yang saya alami ini, tentunya ada dasar dan sebab musabab yang mendasarinya. Usut punya usut ternyata pada “urang minang” – profesi sebagai pedagang, merupakan salah satu diantara aktualisasi peran fungsional dalam mencari nafkah hidup. Menjadi Saudagar, adalah suatu cita-cita.
Diakui, memang dari kecil putra-putri Minang sudah dikenalkan dengan toko karena mereka harus siap menggantikan bapak untuk makan siang misalnya atau menyerahkan kunci toko dipagi hari, sekaligus ikut membantu beres-beres .
Mencatat uang masuk, belajar membungkus barang, memperhatikan barang-barang jualan, memperhatikan orang-orang dan lain-lain, itupun dikasih tahu caranya oleh para orang tua. Kalau liburan sekolah tiba, mereka diwajibkan ikut menjaga toko.
Selain faktor budaya di atas, ternyata “urang minang” punya “resep” turun-temurun agar sukses dalam berdagang. Inilah sedikit “resep” sukses berdagang yang berhasil saya korek dari “urang minang” langsung:
1. 1. Bentuk dulu kepercayaan pembeli pada kepribadian kita, melalui bicara yang baik-baik, barulah boleh menawarkan barang.
2. 2. Senantiasa memperluas jaringan, baik dengan cara mengikuti pameran, maupun menjaga hubungan dengan pembeli.
3. 3. Selalu beranggapan ada pengusaha lain yang menjadi pesaingnya. Dengan demikian jadi terpacu untuk selalu meningkatkan kualitas dan menjaga stabilitas harga.
4. 4. Lakukan bisnis yang sesuai dengan hati, karena biasanya kita akan bekerja dengan sungguh-sungguh
5. 5. Agar Mantap, jika kita sudah menekuni satu bisnis, maka apapun yang terjadi pada bisnis itu, tetap harus kita jalani. Jangan cepat berubah arah bila bisnis itu mengalami badai.
6. 6. Anggap kritik konsumen untuk memacu kita menjadi lebih pintar.
Mungkin dengan sedikit “resep” tersebut, bisa membuat kita lebih sukses dalam berwirausaha selayaknya para saudagar Minang. Sebagai tambahan, ingatlah selalu pepatah “Jangan besar pasak daripada tiang” dan “Hemat pangkal kaya”, niscaya usaha kita akan berkembang dan membuahkan hasil.
NB: “Hemat pangkal kaya” tidak sama dengan “Pelit pangkal kaya”.


3 komentar:

  1. wah, mantapp nih resepnya, makasih gan.
    Semoga info ini bermanfaat juga, memang banyak orang yang ingin sukses udaha dagang nya tanpa dibarengi dengan kualitas produk & pelayanan yang dijualnya. Bagaimana bisa? Karena yang namanya cara dagang memang perlu adanya peningkatan kualitas barang dagangannya. Tak perlu melakukan hal yang repot seperti belajar bisnis atau kursus online, seperti wanita yang ingin belajar materi dalam hal kecantikan (tata rias) di tempat penghasil bahan-bahan maklon kosmetik aman tidak berbahaya. Umumnya orang dagang sudah punya banyak pengalaman sebagai usaha nyata (lahir) nya, tapi terkadang masih kurang mengerti ilmu pelarisan seperti dalam usaha batin nya. Maka dari itu silakan coba mengimbangi dengan sarana batin, seperti menggunakan sarana pelarisan. Banyak orang yang bilang sebaiknya memang usaha nyata (lahiriah) dengan usaha batiniahnya harus seimbang. Berbicara masalah pelarisan dagang, ada yang pernah menyarankan menggunakan sebuah JIMAT yang katanya AMPUH. Informasi selengkapnya
    saya peroleh dari DISINI>> JIMAT PELARISAN
    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  2. SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

    Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG GAIB
    3.JUAL TUYUL MEMEK
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

    BalasHapus