Senin, 15 Agustus 2011

Mengapa cina sukses berdagang di berbagai penjuru dunia

Apakah China sedang berupaya untuk menjadi negara adidaya secara ekonomi? Jawabannya adalah ya. Inilah kajian menarik karena kekuatan dunia pada beberapa waktu ini di kuasai oleh Amerika, Jepang, Prancis, dan Inggris. Sterling Seagraves seorang analis barat mengatakan Cina akan menjadi pemilik abad 21 dan menjadi raksasa kekuatan ekonomi dunia.

Pada tahun 2010 nanti, nilai nominal ekonomi Cina setidaknya mencapai AS $ 9.9 trilyun. Angka ini merupakan angka tertinggi didunia yang akan berada di atas Jepang dan AS. Ternyata Premis Seagraves itu terbukti. Belum sampai 2010, Cina telah menjadi raksasa ekonomi dunia.

Pertumbuhan ekonomi negeri itu rata-rata selalu tinggi 8 – 10 persen selama dua dekade belakangan. Hebatnya lagi sementara sejumlah negara di wilayah ASEAN yang pertengahan 1990-an kala itu santer disebut sebagai “Macan Baru Ekonomi Asia” justru tumbang setelah munculnya krisis ekonomi Asia tahun 1997, Cina justru sanggup terus melaju kencang.

Apakah ekonomi China sangat tertutup? Justru mereka sangat terbuka dan merekalah yang akan datang pada semua titik jaringan perdagangan yang akan dapat digunakan sebagai basis kekuatan ekonomi China. Walaupun China beridelogi komunis tetapi prinsif dagang China sangat terintegrasi dengan dunia global. China tidak dapat disamakan dengan Rusia. Sekalipun mengalami isolasi paska Tianmen tahun 1989 yang tragis, tetapi strategi cerdik China secara politik tetap dapat menerima dukungan ekonomi secara internasional. Sebenarnya apa rahasia China untuk menjadi adidaya ekonomi? Keberhasilan Cina itu tidak lepas dari peran keturunan Cina (baca: Cina Perantauan) yang menyebar di seluruh dunia. Menurut kajian Sterling, yang dituangkan dalam bukunya ‘Lords of the Rims’, pada tahun 1990 ada 55 juta orang Cina Perantauan atau “China Overseas”. Mereka umumnya berasal dari Cina Selatan (pesisir). Jumlah mereka ini hanya 4 persen dari total bangsa Cina Daratan 1,2 milyar. Namun jika seluruh kekuatan ekonominya digabung dengan lintas batas-batas negara, maka seluruh nilai kekayaan Cina Perantauan berjumlah AS $ 450 milyar. Angka ini adalah 35 persen lebih besar dari jumlah GNP negeri Cina tahun 1990!

Siapa para tokoh networking perdagangan China? Para taipan diseluruh negara yang menjadi pengusaha konglomerat di berbagai negara di dunia. Mereka adalah kunci dan pintu dari pembukaan isolasi yang dilakukan oleh masyarakat internasional.

Para taipan bisnis Cina Perantauan berandil besar membentuk semacam kongsi bisnis yang melewati batas-batas negara namun saling menjalin usaha bisnis yang saling menyokong antar sesamanya. Jalinan sistem finansial kaum Cina Perantauan ini terbentang di pusat-pusat keuangan dunia di seputar wilayah Samudera Pasifik mulai dari Vancouver Canada, Los Angeles USA, Hong Kong, Taipei, Singapore sampai dengan negara ASEAN termasuk Indonesia.

Sederetan nama tersohor di antara pebisnis kaya raya seperti Li Ka Shing di Hongkong dan Lim Soei Liong di Indonesia sempat pernah menjadi peringkat atas orang terkaya tidak hanya di Asia Pasifik namun di dunia pada dekade 1990-an.

Sejak tahun 1990-an saat rezim Pemerintah Cina mengendorkan kekakuan ideologi sosialisme-komunis serta membuka diri terhadap ideologi kapitalisme, maka maraklah kaum pebisnis Cina Perantauan kaya raya yang telah sukses di luar negeri ramai-ramai pulang kembali ke negeri leluhurnya untuk berbisnis sekalian menjalankan tradisi warisan budaya memuliakan kampung halaman.

Kehadiran jaringan Cina Perantauan ini sudah terjadi sejak berabad-abad lamanya. Mereka dulunya adalah suku-suku di pesisir selatan. Tirani pemerintah komunis terhadap mereka mengharuskan mereka mencari jalan lain ke luar negaranya. Maka tak mengherankan mereka amat lihai dalam permainan di bawah tanah. Keahlian itu terus berlanjut turun temurun di berbagai belahan dunia.

Ikatan antar Cina Perantauan sempat dilegalkan oleh oleh mantan Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew. Pada Agustus 1991 ia mengadakan Konvensi Cina Sedunia di Singapura untuk mengumpulkan pengusaha-pengusaha Cina Perantauan dari seluruh dunia. Konvensi ini dihadiri 800 pengusaha besar Cina yang datang dari 30 negara termasuk dari Indonesia. Konvensi ini bertujuan untuk “membentuk jaringan kerja sama ekonomi masyarakat bisnis internasional Cina untuk memanfaatkan berbagai peluang bisnis”.

Pertemuan ini mampu membangkitkan premordialisme para pengusaha Cina bahwa keberhasilan mereka dalam bidang ekonomi tidak lepas dari kesamaan mereka yang mewarisi tradisi budaya super yaitu Cina. Ini kemudian dikaitkan dengan sifat-sifat tradisi budaya itu untuk bersikap hemat, kerja keras, mengutamakan pendidikan, persatuan dan saling membantu, bahkan ditekankan kembali Confucianisme sebagai etos pengikat orang-orang Cina.

Konvensi ini kemudian disusul dengan konvensi serupa yang diadakan di Hongkong pada bulan November 1993 yang dihadiri 1000 pengusaha besar Cina dari seluruh dunia. Indonesia diwakili 40 konglomerat non-keturunan Cina. Jauh sebelum itu, pemerintah Cina pada tahun 1949 mendirikan Departemen Komisi Tionghoa Perantauan dan memberikan 30 kursi di Kongres Rakyat Cina untuk wakil-wakil Tionghoa Perantauan termasuk wakil-wakil dari Indonesia. Tujuan

Departemen ini adalah untuk (1) melindungi kepentingan orang-orang Cina di perantauan, (2) memperkuat ikatan antara orang Cina diperantauan dan dengan tanah leluhur, dan (3) menganjurkan orang Cina mengirimkan uangnya ke Cina.

Terbentuknya jaringan kerja sama yang berbau rasialis ini menggoncang nasionalisme pribumi di negara-negaraASEAN, termasuk Indonesia yang saat itu sedang berusaha keras untuk mempersatukan non-pri dan pribumi. Selain itu ada ketakutan akan larinya modal Indonesia ke luar negeri (capital flight) yang berarti merusak ekonomi dalam negeri.

Apalagi, sudah lama pemerintah RRC sendiri menganjurkan pengusaha-pengusaha Cina Perantauan untuk menanamkan modal mereka secara besar-besaran ke RRC. “Tanpa orang-orang keturunan Cina ini, sulit bagi RRC untuk bisa mewujudkan suatu pertumbuhan ekonomi yang begitu tinggi.

Para pengamat memperkirakan bahwa 60 persen investasi asing di daratan Cina ini dibawa oleh para pengusaha keturunan Cina. Tanpa orang-orang keturunan Cina seperti Mochtar Riady atau Soedono Salim dari Indonesia. Robert Kuok dari Malaysia atau Charoen Pokphan dari Thailand, tidak banyak modal yang akan masuk ke daratan Cina untuk investasi.” (Jhon K Naveront, Jaringan Masyarakat China).

Penguasaan Negara Cina Perantauan menancapkan tajinya yang luar biasa di bidang ekonomi. I Wibowo (2004), secara menyatakan dihampir semua negara-negara ASEAN, pengusaha Tionghoa Perantauan menguasai 70 persen kue ekonomi.

Mereka juga mengembangkan bisnisnya di pasar global. Apalagi, mereka memiliki apa yang disebut sebagai multinational corporations Tionghoa (MNCs). Diversifikasi usaha MNCs Tionghoa ini sudah sedemikian jauh, mencakup sektor industri semen, penerbangan, terigu, pulp, ekspor-impor, perbankan dan keuangan, agribisnis, pertambangan, kehutanan, manufaktur dan kelautan. Dari merekalah tumbuh MNCs yang sanggup menandingi MNCs Barat di Asia Tenggara.

Sejalan dengan tradisi, perusahaan-perusahaan bernilai milyaran diturunkan dari bapak ke anak seperti layaknya warung kelontong. Mereka, kata Seagraves, dijalankan oleh para kepala sindikat perdagangan Cina yang rahasia dan superkaya. Mereka inilah yang secara riil menguasai perekonomian di Asia Pasifik, kecuali Jepang dan dua Korea.

Sampai-sampai Cina Perantauan merupakan salah satu sumur terbesar modal cair dunia. Seorang bankir Singapura menaksir aset cair mereka sebesar US $ 2 trilyun, belum termasuk sekuritas. Kesuksesan itu tidak lepas dari kelihaian bisnis, cakap berorganisasi, dan cerdik memanfaatkan perlindungan politik (patronase), serta mendapatkan konsesi-konsesi monopoli dari pemerintahan-pemerintahan yang sulit. Karenanya sulit bagi mereka mencapai kesuksesan itu tanpa ketrampilan istimewa dalam urusan suap menyuap dan patronase.

Begitu berkuasanya mereka di berbagai negara, khususnya kawasan Pasifik, hingga kekuasaannya ibarat jaring labalaba yang membentang di kawasan itu. Sampai-sampai investor Barat dan Jepang pun tak mampu masuk ke kawasan ini tanpa campur tangan mereka. Didukung oleh semangat solidaritas yang kuat, jaringan-jaringan bawah tanah, pragmatisme politik, informasi yang hebat, dan kemampuan menyesuaikan diri, cengkeraman mereka di kawasan Pasifik tak ada yang bisa menandingi. Seagraves bahkan berani mengatakan jika mereka bersatu maka pengaruh mereka akan meningkat tiada tara. Kekuatannya bisa menguasai perdagangan dunia.

4 komentar:

  1. wah, rasional ni postingannya, makasih infonya gan.
    Semoga info ini bermanfaat juga, memang banyak orang yang ingin sukses udaha dagang nya tanpa dibarengi dengan kualitas produk & pelayanan yang dijualnya. Bagaimana bisa? Karena yang namanya cara dagang memang perlu adanya peningkatan kualitas barang dagangannya. Tak perlu melakukan hal yang repot seperti belajar bisnis atau kursus online, seperti wanita yang ingin belajar materi dalam hal kecantikan (tata rias) di tempat penghasil bahan-bahan maklon kosmetik aman tidak berbahaya. Umumnya orang dagang sudah punya banyak pengalaman sebagai usaha nyata (lahir) nya, tapi terkadang masih kurang mengerti ilmu pelarisan seperti dalam usaha batin nya. Maka dari itu silakan coba mengimbangi dengan sarana batin, seperti menggunakan sarana pelarisan. Banyak orang yang bilang sebaiknya memang usaha nyata (lahiriah) dengan usaha batiniahnya harus seimbang. Berbicara masalah pelarisan dagang, ada yang pernah menyarankan menggunakan sebuah JIMAT yang katanya AMPUH. Informasi jimat penglaris selengkapnya ini
    saya peroleh dari DISINI>> JIMAT PELARISAN
    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  2. Ingin produk Anda laku dan sukses menarik pelanggan?. Ternyata bukan hanya
    brosur, iklan, atau
    program penjualan yang bisa membuat satu
    produk laris manis di pasaran. Temukan solusinya >>klik disini<<
    http://goo.gl/upNiY8

    BalasHapus
  3. SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

    Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG GAIB
    3.JUAL TUYUL MEMEK
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    BalasHapus
  4. saya PAK SLEMET posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa
    setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
    sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
    sempat saya putus asah dan secara kebetulan
    saya buka FB ada seseorng berkomentar
    tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
    melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
    karna di malaysia ada pemasangan
    jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
    saya minta angka sama AKI NAWE
    angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
    terima kasih banyak AKI
    kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
    rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
    bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
    terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
    jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259
    tak ada salahnya anda coba
    karna prediksi AKI tidak perna meleset
    saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan













    saya PAK SLEMET posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa
    setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
    sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
    sempat saya putus asah dan secara kebetulan
    saya buka FB ada seseorng berkomentar
    tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
    melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
    karna di malaysia ada pemasangan
    jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
    saya minta angka sama AKI NAWE
    angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
    terima kasih banyak AKI
    kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
    rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
    bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
    terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
    jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259
    tak ada salahnya anda coba
    karna prediksi AKI tidak perna meleset
    saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan

    BalasHapus